Antisipasi Sengketa Pemilu, DPD Demokrat Jateng Utus BHPP Ikuti Bimtek di MK

16 Juli 2023, 7:42 AM
521 Views
Ketua Umum Demokrat AHY bersama Ketua MK

LunpiaJatengNews.com, Jakarta : Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Provinsi Jawa Tengah mengutus Badan Hukum dan Pengamanan Partai atau (BHPP) dan Direktur Eksekutif (DE) untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) di Cisarua, Bogor, 10-13 Juli 2023 bagi 38 DPD PD seluruh Indonesia.

Kepala BHPP  DPP Partai Demokrat Mehbob dalam sambutannya mengatakan, Bimtek ini adalah kerjasama Partai Demokrat dengan Mahkamah Konstitusi agar Parpol dan Caleg semakin mengetahui tata cara di Mahkamah Konstitusi untuk mengetahui hak-haknya jika ada perselisihan hasil Pemilu.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan BHPP dan Direktur Eksekutif Partai Demokrat seluruh Provinsi di Indonesia dibuka oleh Ketua MK Prof Dr. Anwar Usman, SH, MH.l dan dihadiri oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY).

Kepala BHPP Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah, Us Us Kurniwantoro, S.H.,M.H kepada wartawan menyampaikan bahwa Bimtek yang mereka ikuti ini sangat penting untuk menambah pengetahuan tetang mempersiapkan dokumen berkaitan dengan kecurangan Pemilu.

“Sebagai Badan Hukum DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah, tentunya ilmu yang disampaikan dalam Bimtek ini sangatlah berguna bagi kami sebagai penanggungjawab bidang Hukum di DPD PD Jawa Tengah,”

“Bimtek ini memberikan dan memperjelas antara hak dan kewajiban, serta bagaimana mempersiapkan pemberkasan, dokumen yang diperlukan, landasan teori dan prakteknya, dan BHPP Partai Demokrat siap untuk mengawal, mengikuti sebagai peserta pemilu yang jujur, adil, menjaga dan melawan kecurangan dan ketidak adilan dalam pemilu,” tandasnya.

Terkait dengan Bimtek tersebut, Ketua DPD PD Jawa Tengah Rinto Subekti, S.E.,MM menyampaikan bahwa Bimtek yang diikuti oleh BHPP dan DE ini sangat penting dalam menghadapi Pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan.

“Tentunya harapan kami kawan-kawan yang ikut dalam Bimtek ini bisa menyerap ilmunya dan bisa diaplikasikan nantinya bilamana terjadi sengketa Pemilu. Dan kami ucapkan selamat kepada semuanya semoga ilmunya bermanfaat bagi pribadi dan partai Demokrat tentunya,” harap Rinto Subekti (w2n)

Baca Juga

September 19, 2023

EFEK ELEKTORAL DUKUNGAN DEMOKRAT KE PRABOWO

EKSPRESI DATA - SBY adalah Superstar di zamannya Denny JA Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden. Itulah berita politik paling hot hari-hari ini. Pertanyaannya adalah...

September 3, 2023

Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

LunpiaJatengNews.com - Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang...

September 1, 2023

Anies Menghianati Demokrat, Berikut Pernyataan Pers Sekjen Demokrat

Pernyataan Pers Partai Demokrat, 31 Agustus 2023 Dalam kapasitas saya, baik sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat maupun sebagai anggota Tim 8 Koalisi Perubahan, saya ingin menyampaikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News