Antisipasi Sengketa Pemilu, DPD Demokrat Jateng Utus BHPP Ikuti Bimtek di MK

16 Juli 2023, 7:42 AM
827 Views
Ketua Umum Demokrat AHY bersama Ketua MK

LunpiaJatengNews.com, Jakarta : Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Provinsi Jawa Tengah mengutus Badan Hukum dan Pengamanan Partai atau (BHPP) dan Direktur Eksekutif (DE) untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) di Cisarua, Bogor, 10-13 Juli 2023 bagi 38 DPD PD seluruh Indonesia.

Kepala BHPP  DPP Partai Demokrat Mehbob dalam sambutannya mengatakan, Bimtek ini adalah kerjasama Partai Demokrat dengan Mahkamah Konstitusi agar Parpol dan Caleg semakin mengetahui tata cara di Mahkamah Konstitusi untuk mengetahui hak-haknya jika ada perselisihan hasil Pemilu.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan BHPP dan Direktur Eksekutif Partai Demokrat seluruh Provinsi di Indonesia dibuka oleh Ketua MK Prof Dr. Anwar Usman, SH, MH.l dan dihadiri oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY).

Kepala BHPP Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah, Us Us Kurniwantoro, S.H.,M.H kepada wartawan menyampaikan bahwa Bimtek yang mereka ikuti ini sangat penting untuk menambah pengetahuan tetang mempersiapkan dokumen berkaitan dengan kecurangan Pemilu.

“Sebagai Badan Hukum DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah, tentunya ilmu yang disampaikan dalam Bimtek ini sangatlah berguna bagi kami sebagai penanggungjawab bidang Hukum di DPD PD Jawa Tengah,”

“Bimtek ini memberikan dan memperjelas antara hak dan kewajiban, serta bagaimana mempersiapkan pemberkasan, dokumen yang diperlukan, landasan teori dan prakteknya, dan BHPP Partai Demokrat siap untuk mengawal, mengikuti sebagai peserta pemilu yang jujur, adil, menjaga dan melawan kecurangan dan ketidak adilan dalam pemilu,” tandasnya.

Terkait dengan Bimtek tersebut, Ketua DPD PD Jawa Tengah Rinto Subekti, S.E.,MM menyampaikan bahwa Bimtek yang diikuti oleh BHPP dan DE ini sangat penting dalam menghadapi Pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan.

“Tentunya harapan kami kawan-kawan yang ikut dalam Bimtek ini bisa menyerap ilmunya dan bisa diaplikasikan nantinya bilamana terjadi sengketa Pemilu. Dan kami ucapkan selamat kepada semuanya semoga ilmunya bermanfaat bagi pribadi dan partai Demokrat tentunya,” harap Rinto Subekti (w2n)

Baca Juga

Juli 27, 2024

Tarso – Teguh Mendapatkan Rekomendasi Partai Demokrat untuk Maju Cabup dan Cawabup Wonogiri

Wonogiri - DPP Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada Tarso dan Teguh Suryono untuk maju dalam Pilkada Wonogiri 2024. Selanjutnya, partai tersebut akan mencari koalisi untuk mengusung calon...

Juli 18, 2024

Demokrat Wonogiri Yakin Pilkada Wonogiri Tidak Melawan Bumbung Kosong

LunpiaJatengNews.com – Ketua DPC Partai Demokrat Wonogiri, Wawan Haryono meyakini bahwa akan ada paslon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri yang akan menandingi paslon Setyo Sukarno – Imron...

Juli 18, 2024

Yoyok Sukawi Paling Berpeluang Menangi Pilwalkot Semarang

LunpiaJatengNews.com – Bos PSIS Semarang sekaligus anggota DPR RI, AS. Sukawijaya alias Yoyok Sukawi berpeluang menangi pilwalkot Semarang. Hal itu tergambar dari sejumlah pandangan dari pengamat...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News