Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

03 September 2023, 10:19 PM
855 Views
Helmy Turmudhi saat memberikan "Brotoseno" kepada dalang Ki Sasmito
Helmy Turmudhi saat memberikan "Brotoseno" kepada dalang Ki Sasmito

LunpiaJatengNews.com – Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang mengambil lakon pewayangan “Amarta Binangun” (Sabtu, 2/9/2023).

Pagelaran wayang yang merupakan kerjasama antara anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah H. Helmy Turmudhi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah itu dihadiri ribuan masyarakat yang berasal dari Desa Klepu dan sekitarnya.

Sekretaris Desa Klepu, Ahmat Sururi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan gelar budaya tersebut. Ia memberikan apresiasi karena kegiatan berlangsung sangat meriah. “Pagelaran Budaya ini sangat bagus dan meriah. Bahkan Panitia menyiapkan puluhan doorprize berupa mesin cuci dan lain sebagainya. Semoga kegiatan ini bisa berlangsung terus menerus di setiap tahunnya. Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak H. Helmy Turmudhi dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah” Ujar Ahmat Sururi dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, H. Helmy Turmudhi hadir bersama dengan M. Latifun anggota DPRD Jepara dan Ardhie Kurniawan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah. Dalam sambutannya, H. Helmy Turmudhi berpesan kepada masyarakat Klepu untuk terus nguri-nguri budaya Jawa yang salah satunya kesenian wayang. “Bapak ibu, selamat menyaksikan pagelaran budaya wayangan ini. Mari terus menjaga kesenian wayang yang merupakan pertunjukkan tradisional asli Indonesia. Jangan sampai diklaim oleh negara lain. Kalau bukan kita, siapa lagi yang nguri-nguri kebudayaan Jawa ini” Ujar Helmy yang merupakan Anggota DPRD Jateng fraksi Demokrat.

Setelah sambutan, H. Helmy Turmudhi juga memberikan Wayang dengan tokoh “Brotoseno” kepada dalang Sasmito Cokro untuk selanjutnya dimulai pentas wayang kulit. “Saya serahkan wayang ini kepada Pak Dalang untuk selanjutnya dipentaskan” tambah Helmy.

Pada kesempatan itu juga ditampilkan pameran hasil karya bank sampah Dukuh Krajan Desa Klepu berupa topi, tempat sampah, tempat buah dan aneka kerajinan hasil dari sampah.

H. M Latifun bersama istri saat membeli hasil karya kerajinan Bank Sampah Klepu-Krajan

Di awal kegiatan, juga ditampilkan tarian anak-anak dari MI Miftakhuil Huda 02 Klepu. Ada juga pembacaan puisi karya Khoirul Anwar yang dibacakan oleh Nadya Khaira Wilda. Acara wayangan tersebut berakhir pukul 04.00 wib dinihari. (w2n)

Baca Juga

Mei 17, 2024

Jakarta LavAni puncaki klasemen usai gebuk Sukun Badak

LunpiaJatengNews - Juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank Elektrik ganti memimpin klasemen sementara PLN Mobile Proliga 2024 setelah mengalahkan Kudus Sukun Badak dengan skor 3-1 (31-29, 25-23,...

September 19, 2023

EFEK ELEKTORAL DUKUNGAN DEMOKRAT KE PRABOWO

EKSPRESI DATA - SBY adalah Superstar di zamannya Denny JA Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden. Itulah berita politik paling hot hari-hari ini. Pertanyaannya adalah...

September 3, 2023

Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

LunpiaJatengNews.com - Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News