Pandangan Unik Soal Bumi dari Para Mantan Penganut Flat Earth

14 Mei 2021, 3:41 AM
229 Views
de54d2c6-d54b-4180-bf15-bb98e42031aa_169

Jakarta – Mungkin jarang terdapat cerita yang menjelaskan seorang penganut paham Bumi datar ‘tobat’ dan berpaling dari teori konspirasi tersebut. Meski jarang, namun bukan berarti kisah tersebut tidak ada sama sekali.

Salah satunya terjadi pada James Buckley. Aktor asal Inggris yang identik dengan perannya di serial The Inbetweeners itu baru-baru ini menyatakan bahwa ia sudah kembali memercayai bahwa Bumi itu bulat dalam sebuah wawancara.

Walau sudah ‘tobat’, bukan berarti ia sudah tidak memiliki pandangan yang unik mengenai Planet Biru ini. Pandangan unik itu terlihat saat Buckley menganalogikan Bumi sebagai bola bubur.

 

“Pertama, saya pikir itu (Bumi) bulat, lalu saya diberi tahu bahwa Bumi berbentuk datar. Kemudian saya mulai berpikir bahwa Bumi memang datar, lalu sekarang (saya menyatakan) bulat lagi,” ujarnya.

“Jadi saya menemukan teori bahwa Bumi sebenarnya kental dan bergelombang. Saya membayangkannya sebagai sebuah bola bubur yang memiliki gaya gravitasi,” katanya menambahkan, sebagaimana detikINET kutip dari Lad Bible, Sabtu (8/6/2019).

Pandangan Unik Soal Bumi dari Para Mantan Penganut Flat Earth
Foto: Ilustrasi Flat Earth (iStock)

Aneh, tapi tidak sepenuhnya salah

Cara Buckley dalam mengandaikan bentuk Bumi memang lucu, tapi sejatinya ada poin penting yang berusaha disampaikannya. Selain planet ini memang bulat dan memiliki gravitasi, ada temuan yang memang menunjukkan Bumi itu ‘kental dan bergelombang’.

Untuk menjelaskan hal itu, kita perlu menarik waktu mundur terlebih dahulu. Tidak terlalu jauh, hanya sampai ke 2011 lalu. Pada saat itu, European Space Agency (ESA) berhasil memetakan Bumi berdasarkan gaya gravitasi yang tersebar di seluruh dunia.

Model buatan ESA sekilas memang menunjukkan bahwa Bumi tampak bergelombang, dan terkesan lunak seperti tanah liat yang mudah dibentuk. Mungkin, ketimbang menggunakan kata ‘kental’, Buckley seharusnya mengatakannya sebagai ‘lembek’ agar lebih sesuai dengan model Bumi tersebut.

Kala itu, dalam situs resminya, ESA menjelaskan bahwa penelitian mereka ini bertujuan untuk memahami lebih lanjut bagaimana kerja Bumi. Salah satu fungsi dari model tersebut adalah untuk mengukur sirkulasi laut, perubahan permukaan air laut, dan dinamika es di daerah kutub. Dengan kata lain, model ini berguna dalam mengukur dampak perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global.

Lantas, mengapa model itu memperlihatkan Bumi yang tampak bergelombang dan lunak? Pasalnya, ESA memberikan detail mengenai ketinggian di masing-masing permukaan Bumi, makanya tampak berundak-undak.

Butuh dua tahun bagi mereka untuk membuat model itu. Dalam prosesnya, mereka menggunakan satelit Gravity Field and Steady-State Ocean Circulation Explorer (GOCE) yang mengorbit Bumi dan merekam struktur mantel planet ini.

Pandangan Unik Soal Bumi dari Para Mantan Penganut Flat Earth
Ilustrasi Bumi lembek. Foto: European Space Agency (ESA)

Buckley bukan satu-satunya yang ‘tobat’

Ada orang lain yang ternyata punya kemiripan dengan Buckey. Andrew “Freddie” Flintoff jadi sosok yang dimaksud.

Dia merupakan presenter sekaligus mantan pemain kriket asal Inggris. Sama seperti Bucklet, Flintoff juga punya pandangannya tersendiri terhadap bentuk Bumi setelah tak lagi berpegang pada teori flat Earth.

Pada sebuah kesempatan, ia pernah mengatakan bahwa Bumi berbentuk seperti lobak. Entah apa yang menyebabkan dua sosok sesama mantan penganut teori Bumi datar itu punya analogi yang tidak biasa dalam menggambarkan bentuk planet kita tercinta ini.

Flintoff turut menjelaskan bahwa ia kembali percaya Bumi bulat itu setelah mengobrol dengan Tim Peake dan Brian Cox. Bagi yang asing, nama pertama merupakan seorang astronaut ESA. Sedangkan yang satunya adalah salah satu fisikawan kondang asal Tanah Britania.

Apakah kamu punya teman yang ‘tobat’ setelah sempat meyakini bahwa Bumi itu datar? Bagaimana pandangan mereka tentang Bumi saat ini? (rns/rns)

Sumber : detik.com

Baca Juga

September 19, 2023

EFEK ELEKTORAL DUKUNGAN DEMOKRAT KE PRABOWO

EKSPRESI DATA - SBY adalah Superstar di zamannya Denny JA Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden. Itulah berita politik paling hot hari-hari ini. Pertanyaannya adalah...

September 3, 2023

Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

LunpiaJatengNews.com - Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang...

September 1, 2023

Anies Menghianati Demokrat, Berikut Pernyataan Pers Sekjen Demokrat

Pernyataan Pers Partai Demokrat, 31 Agustus 2023 Dalam kapasitas saya, baik sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat maupun sebagai anggota Tim 8 Koalisi Perubahan, saya ingin menyampaikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News