SBMPTN Unair Dibuka, Ini Jurusan Favorit Bagi Calon Mahasiswa

14 Mei 2021, 3:49 AM
206 Views
1ed5dc9c-441c-41ce-b6e6-4d2feb453dea_43

Surabaya – Universitas Airlangga membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dan jalur Mandiri. Beberapa jurusan biasanya menjadi favorit calon mahasiswa.

Jalur SBMPTN telah dibuka sejak tanggal 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Sementara jalur Mandiri dibuka tanggal 13 hingga 24 Juni. 

Persaingan untuk menjadi mahasiswa Unair pun diprediksi akan berlangsung cukup ketat. Bahkan, ada beberapa jurusan yang tingkat persaingannya cukup tinggi lantaran ramai peminat.

Berdasarkan data tahun lalu, pendaftar di Prodi Sosial dan Humaniora paling banyak memilih jurusan Manajemen. Selanjutnya, disusul dengan Ilmu Administrasi Negara, Psikologi, Hubungan Internasional hingga Ilmu Komunikasi.

Untuk jurusan yang sepi peminat di Prodi Soshum yakni Ilmu Sejarah, Antropologi hingga Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Sementara untuk pendaftar di Prodi Bidang Sains dan Teknologi, pendaftar paling banyak mengambil jurusan Teknik Lingkungan, disusul dengan Kedokteran, Sistem Informasi, Tekno Biomedis hingga Gizi. Sedangkan untuk jurusan yang sepi peminat di Prodi Saintek yakni Matematika, Kimia, hingga Fisika.

Rektor Unair Prof M Nasih menyarankan para calon mahasiswa agar lebih bijak dalam menentukan jurusan yang dipilihnya. Selain mempertimbangkan nilai, calon mahasiswa juga perlu melihat persaingan di jurusan tersebut.

“Tentu kami berharap karena nilai UTBK nya sudah keluar, pilihan-pilihannya mesti disesuaikan dengan nilai yang ada. Jangan memaksakan kehendak, kalau memang nilainya nggak nutut karena percuma saja,” kata Prof Nasih saat ditemui di Unair Kampus C Surabaya, Selasa (11/6/2019).

Prof Nasih mencontohkan pada jurusan kedokteran misalnya, persaingan memang cukup ketat. Terlebih dalam kedokteran, mahasiswa yang nilainya benar-benar tinggi yang bisa lolos. 

“Sebagaimana diketahui untuk yang di Unair kita punya beberapa beberapa kluster prodi, yang kalau kita bilang peringkatnya itu yang tingkat nilainya berbeda-beda, mulai dari yang sekadar cukup sampai dengan yang sangat tinggi. Misalnya FK, FKG itu adalah mereka-mereka yang nilainya lebih besar,” pungkasnya.

(sun/bdh)

Sumber : detik.com

Baca Juga

Januari 21, 2023

Tolak Sistem Pemilu Coblos Lambang Partai, Kader Demokrat ini Daftar Ke MK

LunpiaJatengNews.com - Jansen Sitindaon SH, MH menolak pemilihan legislatif (Pileg) kembali menggunakan sistem proporsional tertutup (Coblos Lambang Partai). Jansen memberikan kuasa ke Badan Hukum...

Desember 24, 2022

Pawai Bersama KPUD Wonogiri, Partai Demokrat Terlihat Sangat Kompak

LunpiaJatengNews, Wonogiri – KPUD Kabupaten Wonogiri telah menyelenggarakan pawai budaya yang diikuti oleh seniman dan budayawan serta seluruh partai politik peserta pemilu 2024 (Sabtu, 24 Desember...

Desember 24, 2022

Peringati Hari Ibu, Srikandi Demokrat Wonogiri Berbagi Makanan Dalam Kegiatan Jum’at Berkah

Wonogiri, LunpiaJatengNews.com – Para Kader Srikandi Partai Demokrat Kabupaten Wonogiri berkumpul di kantor DPC Demokrat untuk membagikan puluhan paket makanan dalam kegiatan jum’at berkah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News