3 Pertanyaan Tentang Vaksin Sinovac, Ini Jawaban WHO

05 Juni 2021, 3:25 AM
257 Views
075307800_1608135140-20201216-Vaksin-COVID-19-5

Kelompok Ahli Penasihat Strategis WHO (SAGE) terkait Imunisasi menjawab sejumlah hal mengenai vaksin Sinovac.

Lewat sebuah tulisan di situs resmi WHO, SAGE menjabarkan hal-hal yang perlu masyarakat ketahui tentang vaksin COVID-19 produksi Sinovac Biotech Ltd, China, yang baru saja mengantongin izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa, 1 Juni 2021.

Seberapa manjur vaksin Sinovac?

SAGE, menjelaskan, berdasarkan uji coba Fase III besar di Brasil menunjukkan bahwa dua dosis vaksin Sinovac atau CoronaVac, yang diberikan dengan selang waktu 14 hari, memiliki kemanjuran sebesar 51 persen terhadap COVID-19 yang bergejala.

Tidak hanya itu, vaksin Corona yang kini masuk dalam emergency use listing (EUL) WHO memiliki kemanjuran 100 persen terhadap COVID-19 yang parah, dan 100 persen terhadap rawat inap mulai 14 hari setelah menerima dosis kedua.

Apakah vaksin Sinovac mampu melawan varian baru virus Corona SARS-CoV-2?

Dalam sebuah studi observasional, perkiraan efektivitas CoronaVac pada petugas kesehatan di Manaus, Brasil, di mana P.1 menyumbang 75 persen dari sampel SARS-CoV-2 adalah 49,6 persen terhadap infeksi simtomatik. 

Efektivitas yang juga ditunjukkan dalam studi observasional di Sao Paulo dengan adanya sirkulasi P1, dengan 83 persen sampel.

 

Penilaian dalam pengaturan di mana variant of Concern P.2 beredar luas di Brasil, diperkirakan efektivitas vaksin sebesar 49,6 persen setelah setidaknya pemberian satu dosis, dan menjadi 50,7 persen setelah menerima dosis kedua. 

SAGE, menekankan, saat data baru tersedia, WHO akan memerbarui rekomendasi yang sesuai. 

Apakah vaksin Sinovac dapat mencegah infeksi dan penularan?

Saat ini belum ada data substantif terkait dampak vaksin COVID-19 Sinovac terhadap penularan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Sementara itu, WHO mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan prokol kesehatan 5M, yang sampai saat ini masih menjadi pendekatan komprehensif guna mencegah infeksi dan penularan. 

Protokol kesehatan COVID-19 5M adalah memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga kebersihan paru, menghindari keramaian, dan memastikan ventilasi yang memadai.

Baca Juga

September 19, 2023

EFEK ELEKTORAL DUKUNGAN DEMOKRAT KE PRABOWO

EKSPRESI DATA - SBY adalah Superstar di zamannya Denny JA Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden. Itulah berita politik paling hot hari-hari ini. Pertanyaannya adalah...

September 3, 2023

Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

LunpiaJatengNews.com - Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang...

September 1, 2023

Anies Menghianati Demokrat, Berikut Pernyataan Pers Sekjen Demokrat

Pernyataan Pers Partai Demokrat, 31 Agustus 2023 Dalam kapasitas saya, baik sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat maupun sebagai anggota Tim 8 Koalisi Perubahan, saya ingin menyampaikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News