5 Hal yang Harus Dipelajari untuk Menghemat Uang

05 Juni 2021, 3:28 AM
634 Views
023406600_1525162916-HL

Kemampuan seseorang dalam hal menyimpan uang merupakan sebuah landasan membangun kekayaan. Ini juga penting untuk membuat rasa aman.

Perhitungannya sederhana, untuk menghemat uang, Anda harus membelanjakan lebih sedikit daripada yang dihasilkan. Namun, seringkali itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama ketika harus menyerah atau melupakan hal-hal yang Anda inginkan.

 

Namun, jika berhati-hati, sebenarnya ada banyak cara untuk mulai menabung, berapa pun usia atau tingkat pendapatan Anda. Melansir dari laman the balance, Sabtu (5/6/2021), berikut beberapa tipsnya.

1. Pentingnya Dana Darurat

Yang pertama dan mungkin yang paling penting, tujuan tabungan yang perlu dipertimbangkan adalah membangun dana darurat. Setiap orang tidak selalu bisa memprediksi apa yang ada dalam hidup ini. 

Keadaan darurat keuangan dapat berupa kehilangan pekerjaan, biaya medis yang signifikan, perbaikan rumah atau mobil yang tidak terduga, badai, atau hal lain yang tidak terpikirkan, seperti pandemi global ini. Hal terakhir yang dilakukan adalah mengandalkan kartu kredit dengan bunga yang besar atau dipaksa untuk mengambil pinjaman.

Di situlah dana darurat bisa berguna. Secara historis, formula untuk rekening darurat memiliki cukup uang yang tersedia untuk menutupi biaya hidup selama tiga sampai enam bulan. Tidak masalah bila angka yang ditentukan mungkin lebih kecil untuk memulai.

Saat menghitung pengeluaran, pastikan untuk mempertimbangkan pengeluaran tetap dan variabel sehingga Anda akan tahu persis berapa banyak yang harus disisihkan untuk tabungan darurat ini. 

Baca Juga

September 19, 2023

EFEK ELEKTORAL DUKUNGAN DEMOKRAT KE PRABOWO

EKSPRESI DATA - SBY adalah Superstar di zamannya Denny JA Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden. Itulah berita politik paling hot hari-hari ini. Pertanyaannya adalah...

September 3, 2023

Dihadiri H. Helmy Turmudhi, Begini Meriahnya Pagelaran Wayang “Gelar Budaya Klepu – Krajan”

LunpiaJatengNews.com - Masyarakat Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Gelar Budaya Klepu – Krajan yang menampilkan kesenian wayang dengan dalang Ki Sasmito Cokro yang...

September 1, 2023

Anies Menghianati Demokrat, Berikut Pernyataan Pers Sekjen Demokrat

Pernyataan Pers Partai Demokrat, 31 Agustus 2023 Dalam kapasitas saya, baik sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat maupun sebagai anggota Tim 8 Koalisi Perubahan, saya ingin menyampaikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News